أهلا وسهلا

أهلا وسهلا

Rabu, 14 Agustus 2019

Lilin Kehidupan



LILIN KEHIDUPAN

Pernah ketemu sama orang yang maunya disapa duluan? Atau ngga pernah bilang terima kasih setelah ditolongin? Atau ngga pernah bilang maaf setelah berbuat salah? Kamu beruntung, itu artinya kamu lilin bagi kehidupannya. Iya, kamu yang merasa dan sadar bahwa menyapa, mengucap terima kasih, dan meminta maaf adalah hal penting bagi hidupmu. Maka ajarkanlah kepada orang lain. Orang-orang di sekitar kita berbuat sesuka mereka mungkin karena benar-benar tidak tahu, karena tidak terbiasa, atau bahkan tidak diajarkan di keluarganya.

Bukan malah dimaki, "Dasar gatau terimakasih. Udah ditologin juga!"
"Males nyapa dia, dia aja ngga pernah nyapa!"
"Ngapain minta maaf, dia aja ngga ngerasa salah"

Hidup ini bukan tentang dia, mereka, atau lingkungan sekitar. Hidup ini tentang diri sendiri. Semakin kita melihat keburukan-keburukan orang lain, keindahan hidup tidak akan pernah terlihat. 
Kalau ada yang ditolongin ngga bilang makasih, kalian bisa ajarin dengan candaan;
"Yaelah udah ditolongin bukannya makasih lu! Sungkeman sini sama gue, hehe" atau kalo ada yang berbuat salah tapi ngga minta maaf padahal dia yang salah, minta maaf aja duluan "Eh, maaf, ya, gua tadi marah-marah" atau kalo ada yang ngga pernah nyapa padahal kenal, sapa aja "Lewat bae lewat baeee ngopi apa ngopii!" 
Jangan malah diomongin di belakang, karena hidup sekali lagi bukan tentang sekitar kita. Tapi diri kita sendiri. Sejauh mana mau mengerti kehidupan orang lain yang sebenarnya kurang beruntung; tidak diajarkan dan dibiasakan mengucap sapa, maaf, dan terima kasih. 

010918, Syaima Mufida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar